Senin, 02 Januari 2017

Pengertian Pengapuran Tulang

Seiring bertambahnya usia sebagian orang mungkin akan sering mengalami nyeri pada tulang belakang, terutama di leher dan punggung bawah. Gangguan ini biasanya kerap dialami pada usia pertengahan, sekitar 35 tahunan. Tulang leher maupun punggung bawah sering digunakan untuk melakukan gerakan menekuk ke depan atau berputar ke kiri dan kanan sehingga mengakibatkan terjadinya degenerasi. 

Pengertian 

Pengapuran tulang bisa disebut juga osteoarthritis. Osteoarthritis merupakan adanya peradangan sendi akibat bantalan pada ujung tulang menjadi menipis seiring waktu. Jadi, kerusakan yang terjadi berada di sendi dan bagian tulang sekitar sendi tersebut.

Kondisi Yang Menyebabkan Osteoarthritis

Penyebab dari rusaknya sendi dan daerah sendi yang tidak mampu diperbaiki dengan sempurna oleh tubuh ini masih belum bisa dipastikan. Meski demikian, ada beberapa faktor yang diduga berperan dalam meningkatkan seseorang berisiko terkena osteoarthritis.

  • Faktor usia memengaruhi kemungkinan seseorang terkena pengapuran tulang atau osteoarthritis. Wanita juga dianggap lebih berisiko mengalami gangguan tulang jenis ini dibandingkan pria. Sayangnya, belum ada penjelasan memuaskan kenapa hal tersebut bisa terjadi.
  • Obesitas, yang menyebabkan adanya beban berlebih pada sendi-sendi penahan berat tubuh, juga meingkatkan resiko terkena osteoarthritis. Selain itu, kondisi medis lainnya yang dapat menyebabkan osteoarthritis adalah diabetes dan rematik.
  • Pekerjaan seseorang yang memungkinkan sendi mendapat tekanan secara berlebih dalam jangka waktu lama patut diperhatikan. Osteoartritis juga bisa disebabkan oleh cedera akibat pekerjaan, yaitu pekerjaan yang memerlukan erakan berulang-ulang pada sendi tertentu. Cedera sendi akibat berolahraga dan kecelakaan lalu-lintas juga meningkatkan resiko.

Cara Mengatasi nya


Jika pengapuran tulang sudah diderita, beberapa hal terkait gaya hidup berikut bisa dilakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan.

  • Mengurangi berat badan

Sendi yang mengalami tekanan berlebih kian memperburuk pengapuran tulang yang diderita. Solusi mudahnya adalah dengan mengurangi tekanan yang diderita dengan menurunkan berat badan.

  • Olahraga

Olahraga secara teratur penting dilakukan untuk menguatkan otot-otot di sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Hal ini akan membuat sendi menjadi lebih stabil sehingga dapat mengurangi tingkat osteoarthritis yang diderita. Pastikan olahraga yang dilakukan tidak berlebihan karena justru akan memperburuk masalah yang diderita.

  • Gunakan air panas atau dingin


Saat kondisi oateoarthritis menimbulkan rasa sakit, cobalah gunakan air panas atau air dingin untuk meringankannya. Pemakaian air panas juga berperan untuk melemaskan otot, sedangkan air dingin dapat meredakan kejang otot dan nyeri.

  • Memakai obat pereda rasa sakit


Pemakaian obat pereda rasa sakit berupa krim atau gel yang bisa diperoleh di toko obat juga bisa dilakukan. Krim atau gel pereda rasa sakit cocok dipakai pada sendi yang dekat dengan permukaan kulit, seperti persendian pada lutut dan jari-jari.

Apabila hal-hal di atas telah diterapkan namun kondisi tidak juga membaik, segeralah mengkonsumsi obat herbal QnC Jelly Gamat Klikk disini >> Obat Herbal Pengapuran Di Apotik 

Pengetahuan tentang pengapuran tulang di atas akan membuat seseorang bisa mengantisipasinya sejak dini sekaligus tahu apa yang harus dilakukan jika terkena kondisi medis ini. Bila osteoarthritis semakin bertambah berat, Anda mungkin tidak cukup lagi dengan hanya mengandalkan perubahan gaya hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar